Penyebab Wajah Nampak Lebih Tua

12 May 2011


Cantik bisa didapat dengan berbagai cara, alamiah maupun dengan bantuan kosmetik dan teknologi. Merogoh kocek demi penampilan sempurna juga menjadi hal biasa bagi seorang wanita.Wajah segar dan terlihat awet muda menjadi idaman para wanita. Namun perawatan rutin dengan biaya luar biasa ternyata tak cukup menjaga kecantikan agar tahan lama.
Terlalu sembrono menjalani gaya hidup dan pola makan dapat membuat Anda nampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Berikut 6 faktor yang patut diwaspadai jika ingin awet muda.

1. Stress
Tertekan dan dikelilingi banyak masalah memang memusingkan. Stress terbukti menurunkan perlindungan tubuh dan membuat sel-sel kulit menua lebih cepat. Perlindungan tubuh yang melemah membuat organ-organ dalam rentan diserang penyakit dan infeksi.
Stress seringkali menimbulkan sakit kepala, tekanan darah tinggi, keriput, berat badan turun, lingkaran hitam dan kantung mata, serta jerawat yang menjamur di wajah.
Stress juga membuat Anda tak sadar melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti menggigit kuku dan menggertakkan gigi. Anda mungkin tak pernah melakukan kebiasaan ini sebelumnya, namun saat stress semua kebiasaan itu muncul tanpa disadari.
Bandingkan antara orang-orang yang selalu tersenyum, rileks, dan nampak bahagia dengan orang-orang yang selalu cemberut dan mengernyitkan dahi. Siapa yang lebih banyak keriputnya?
Ambil napas dalam-dalam dan pejamkan mata Anda selama beberapa saat jika Anda merasakan tanda-tanda stress. Jangan biarkan stress menyerang berlarut-larut. Segera hadapi sebelum di wajah muncul kerut!

2. Alkohol

Banyak mengonsumsi alkohol menjadi salah satu penyebab utama penuaan dini. Penelitian membuktikan, alkohol dapat memperbesar pembuluh darah yang menyebabkan jaringan kulit merosot, sehingga menimbulkan keriput.
Dalam jangka pendek, alkohol dapat menyebabkan jerawat, ruam-ruam pada kulit, timbul bintik-bintik merah pada kulit, serta gatal-gatal.
Untuk jangka panjangnya, alkohol menyebabkan dehidrasi dan berkurangnya persediaan vitamin A dalam tubuh.
Segelas anggur merah memang berguna sebagai antioksidan. Tapi segelas saja ya!

3. Kurang Olah Raga

Anda tak perlu menguras keringat dengan fitness selama 3 jam. Jalan kaki minimal 30 menit setiap hari saja sudah cukup membuat tubuh segar bugar.
Terlalu banyak menggunakan lift dan escalator ketimbang berjalan di tangga membuat tubuh lembek dan mudah lelah karena kurang gerak.
Kurang gerak membuat tekanan darah meningkat, lemak menumpuk, serta mengurangi kekuatan otot dan kelenturan tubuh.
Window shopping di mall selama berjam-jam juga termasuk olah raga. Ternyata olah raga bisa menyenangkan, bukan?

4. Merokok

Jangan abaikan peringatan yang tercetak mungil di kemasan rokok atau di akhir iklan rokok. Benar, rokok memang dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, dan gangguan pada janin.
Namun sadarkah Anda, merokok juga dapat membuat kulit wajah lebih cepat keriput dan memunculkan garis-garis halus pada wajah yang tak sedap dipandang mata. Merokok juga dapat memudarkan warna gigi sehingga nampak menguning.

5. Sengatan Matahari

Berjemur di pantai memang menyenangkan, namun jika Anda asyik berjemur tanpa mengoleskan sunblock terlebih dulu dapat membuat kulit terbakardan keriput. Terlalu banyak disengat matahari juga membuat kulit kering dan memperbesar resiko kanker kulit.
Jangan lupa selalu mengoleskan sunblock atau lotion yang mengandung SPF setiap kali Anda hendak bepergian di siang hari. Kulit coklat akibat tanning memang seksi, tapi kulit merah terbakar is a big no-no!

6. Polusi Udara

Hidup di kota besar dengan beragam permasalahannya dapat juga berbahaya bagi kesehatan. Tak hanya kesehatan organ dalam, namun juga kesehatan kulit dan kecantikan Anda.
Udara yang kotor memancing oksidasi jaringan sebum, menyebabkan pembentukan jerawat, alergi, dan ruam merah di kulit.
Siapkan selalu masker wajah yang tak hanya melindungi pernapasan Anda, juga melindungi kulit cantik Anda dari asap knalpot dan debu jalanan
Sumber:shevenone.blogspot.com


TAGS TIPS KECANTIKAN cepat tua


-

Author

Follow Me